Ads Top

Sumber Salak, Umbul Ponggoknya Banyuwangi

Selain wisata pantai dan gunung, Banyuwangi juga memiliki wisata lain seperti air terjun, waduk, taman nasional dan juga kolam jernih seperti umbul ponggok. Sumber Salak namanya, tempat wisata yang satu ini berada di daerah perkebunan di Kalibaru. Karena berada di daerah perkebunan, banyak komoditi seperti kakao dan gula kelapa. Hawa disini masih sejuk karena berada di dekat pegunungan.

Sumber : sirius-light-id.blogspot.co.id/

Sumber Salak atau Waduk Jatirono ini merupakan salah satu tempat wisata favorit wisatawan di daerah Kalibaru. Hal yang ditawarkan waduk yang berada di PTPN XII ini adalah mata air pegunungan dan pemandian alami.

Untuk menuju lokasi wisata tidaklah mudah, hal ini dikarenakan kondisi jalannya yang masih sebagian di aspal dan sebagian masih bebatuan atau mukadam. Dari stasiun Kalibaru, pengunjung hanya perlu menempuh jarak 5 KM untuk sampai, namun dengan kondisi jalan yang kurang bagus tentunya agak membutuhkan waktu yang lama.

Sumber : graybackpack.wordpress.com

Sesampainya di kawasan wisata, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 5.000/orang. Disini pengunjung bisa menikmati suasana khas perkebunan dan merasakan segarnya air waduk yang memiliki kedalaman sekitar 4 meter.

Bagi wisatawan yang membawa buah hati atau anak kecil, disini juga terdapat kolam yang dalamnya hanya 1 meter, kolam ini berada di sisi sebelah barat waduk. Disini juga sudah dibangun fasilitas seperti musholla dan kamar mandi.

Di sebelah barat waduk juga terdapat rumah kayu yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk semakin menarik perhatian pengunjung agar mau berkunjung kesini. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang tak usah hawatir tidak bisa merasakan segarnya air waduk, karena pengelola menyediakan penyewaan ban yang bertarif Rp 3 ribu.

Gallery

Sumber :backbanyuwangi.blogspot.co.id/

Sumber : backbanyuwangi.blogspot.co.id/

Sumber : backbanyuwangi.blogspot.co.id/

Sumber : sirius-light-id.blogspot.co.id/

Sumber :graybackpack.wordpress.com

No comments:

Powered by Blogger.