Ads Top

7 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Penuh Misteri

Sebelum menjadi kota wisata, Banyuwangi terkenal dengan sebutan kota santet dimana banyak orang yang datang ke Banyuwangi untuk mempelajari ilmu hitam dan bersemedi di tempat – tempat angker untuk memenuhi hajatnya. Tak jarang tempat angker tersebut berada di objek wisata yang memiliki keindahan luar biasa.

Dibalik keindahannya tersebut, tempat wisata di Banyuwangi berikut ini diselimuti oleh misteri yang bisa membuat pengunjungnya merinding. Berikut ini tempat wisata di Banyuwangi yang penuh dengan misteri :

Air Terjun Antogan

Source : banyuwangibagus.com

Wisata air terjun antogan merupakan tempat wisata yang populer di Banyuwangi pada tahun 1990an. Pada waktu itu air yang mengalir dari air terjun sangat jernih dan menyegarkan karena aliran airnya berasal dari sumber yang terletak di kaki Gunung Raung. Namun seiring berjalannya waktu tempat ini mulai tak terawat dan sepi pengunjung.

Sebelum menjadi objek wisata, tidak ada warga yang berani mandi di air terjun sendirian pasti ditemani oleh seseorang. Masyarakat berkeyakinan bahwa disana masih ada orang yang bertapa, orang tersebut ialah Rempeg Jogopati atau “Mbah Rembug”.

Mbah Rembug sendiri merupakan leluhur yang linuwih saat perang melawan Belanda. Berdasarkan cerita masyarakat, pasukan Belanda dibuat tidak berdaya melawannya. Setelah bertemu dengan Mbah Rempeg, pasukan Belanda akan ditandai dengan anting yang menancap dihidungnya seperti anting pada hidung sapi peliharaan.

Makam Mbah Rembug berada di sekitar objek wisata Antogan tepatnya berada diantara Desa Bunder dan Desa Petang. Tak jarang dari masyarakat sekitar mengalami hal – hal aneh seperti pada waktu G30S PKI, pada waktu itu para tentara tidak bisa menembus Desa Bunder karena tiba – tiba desa menjadi hutan belantara.

Masih banyak lagi cerita mistis yang pernah terjadi di Antogan, salah satunya adalah kejadian seorang pemancing yang alat pancingnya tersangkut oleh akar. Karena kesulitan mengambil alat pancingnya, ia menarik dengan keras alat pancingnya dan tiba – tiba terdengar suara “Jangan kau tarik – tarik jenggotku”, mendengar suara tersebut si pemancing langsung lari terbirit – birit.

Alas Purwo

Source : apps.phinomeno.com

Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu cagar alam terbesari di Indonesia. dengan luas sebesar 434 KM, alas purwo menjadi rumah bagi jutaan flora dan fauna yang ada didalamnya. Selain terkenal sebagai cagar alam yang indah dan alami, Alas Purwo juga dikenal sebagai hutan terangker di tanah jawa dan pusat kerajaan jin seantero nusantara.

Dulu sebelum masa penjajahan, tidak ada seorang pun yang berhasil keluar dengan selamat setelah masuk ke Alas Purwo. Bahkan seseorang yang meninggal disini jasadnya menghilang dan tidak bisa ditemukan. Bagi yang bisa keluar, mereka akan mendapatkan bencana dan hidupnya tidak akan tenang.

Karena kemistisannya tersebut, banyak orang yang datang ke Alas Purwo untuk menimba ilmu ghaib dan bersemedi di goa – goa yang totalnya berjumlah 40. Salah satu goa yang terkenal adalah Goa Istana, di goa ini presiden pertama Republik Indonesia pernah bertapa.

Disini juga terdapat sebuah makam yang panjangnya mencapai 7 meter, makam tersebut bernama makam Mbah Dowo. Menurut cerita, makam tersebut bukanlah makam manusia melainkan makam tombak pusaka seorang raja yang terkubur disana tanpa bisa diambil kembali.

Rowo Bayu

Source : telusurindonesia.com

Sejarah kota Banyuwangi bermula dari tempat ini, dimana pada tahun 1771 tempat ini menjadi saksi bisu pertempuran masyarakat Banyuwangi melawan penjajah Belanda. Banyuwangi yang saat itu masih berada dibawah kerajaan Blambangan menolak kedatangan VOC. Pertempuran sengit pun terjadi hingga menewaskan ribuan pasukan dari kedua belah pihak tak terkecuali komandan perangnya.

Dibalik keheningannya tersebut, Rawa Bayu menyimpan banyak misteri dan telah memakan korban. Suatu ketika pernah ada seorang remaja yang berenang di rawa ini. namun naas, remaja tersebut berakhir teragis. Ia tenggelam di rawa yang berlumpur.

Konon penjaga dari rawa ini adalah sesosok wanita yang bernama Nyai Resek. Dia tidak sendiri dalam menjaga rawa ini, ia ditemani oleh beberapa prajurit dan perempuan lain. Nyai Resek sendiri berwujud cantik dan bijaksana.

Di sekitar rawa terdapat sebuah petilasan yang pernah digunakan prabu Tawang Alun untuk bersemedi dan menghabiskan hayatnya disana. Disaat bertapa, Tawang Alun ditemani oleh seekor macan putih yang sangat sakti.

Petilasan tersebut tak luput dengan kejadian – kejadian aneh, diantaranya adalah seorang yang pernah meminta nomor togel kepada penjaga petilasan. Bukan nomer yang didapat, melainkan kepalanya menjadi bocor. Hal ini dikarenakan penjaga petilasan marah kepada orang tersebut dan membantingnya hingga kepalanya bocor.

Selain itu, ada seorang anak yang mengintip kedalam petilasan. Ketika mengintip ia melihat tiga orang yang sedang bersemedi dan memberi anak tersebut sebungkus nasi kuning. Anak tersebut lalu membawa pulang nasi tersebut, sesampainya di rumah ia langsung pingsan dan tak sadarkan diri. Khawatir dengan kondisi anaknya, orang tua anak tersebut memanggil penjaga petilasan untuk menyembuhkannya dan akhirnya anak tersebut sehat seperti semula.

Watudodol

Source : travelerein.com

Watudodol merupakan wisata pantai dengan latar belakang selat bali. Tak hanya pantai, disini terdapat beberapa monumen bersejarah yang dipenuhi dengan misteri. Sebut saja batu besar yang berada di tengah jalan, patung gandrung yang menjadi landmark Banyuwangi, bukit Watudodol yang terdapat makam, sumur air tawar di pinggir pantai dll.

Dimulai dari batu besar yang terletak di tengah jalan, pada zaman penjajahan Belanda dulu batu ini ingin dihancurkan dan dipindahkan karena menghalangi jalan. Berbagai upaya telah dilakukan termasuk menariknya dengan kapal, namun batu ini tidak bergeser sedikitpun malah kapal tersebut yang tenggelam.

Tak hanya batu besar, disini juga terdapat patung gandrung yang menjadi ikon Banyuwangi. patung yang dibangun diatas pos ini juga memiliki misteri dimana menurut pengakuan masyarakat, patung tersebut terkadang bergerak sendiri. Pergerakannya pun mengikuti tarian gandrung.

Jika anda turun ke area bibir pantai, terdapat sebuah sumur tawar, dimana oleh masyarakat umat hindu maupun islam sumur disakralkan. Ketika sedang pasang, air laut dapat masuk kedalam sumur tersebut namun anehnya air didalam sumur tetap terasa tawar. Oleh umat hindu, air di sumur ini selalu digunakan untuk ritual – ritual, mereka menganggap air yang ada didalam sumur tersebut air yang suci. Tak hanya itu, sumur ini juga pernah digunakan oleh Syeh Maulana Ishak menunggu kelahiran Sunan Giri.

Selain itu, di Watu Dodol juga terdapat bunker peninggalan jepang yang digunakan untuk mengintai musuh pada perang dunia ke 2. Sejak jaman kemerdekaan, bunker ini tidak digunakan lagi oleh pemerintah. Namun oleh orang – orang tertentu, bunker ini digunakan untuk bertapa. Konon bunker ini memiliki jalan tembusan menuju Alas Purwo.

Baluran

Source : banyuwangibagus.com

Taman Nasional Baluran merupakan cagar alam yang berada di perbatasan Banyuwangi – Situbondo. Baluran terkenal dengan sebutan afrika van java karena suasana disini sangat panas seperti di afrika. selain itu, banyaknya fauna yang hidup disini menambah suasana mirip seperti afrika.

Tapi tahukah anda bahwa disini terdapat sebuah makam seseorang yang sangat sakti, makam tersebut bernama Makam Mbah Cungking. Menurut salah satu petugas, Makam Mbah Cungking ini sebenarnya ada tiga dan salah satunya ada disini.

Mbah Cungking sendiri merupakan seseorang yang memiliki kesaktian luar biasa, bahkan kesaktiannya terdengar ke seantero jawa. Salah satu kesaktiannya yang melekat di benak masyarakat adalah ia berhasil memindahkan ribuan kerbau hanya dalam waktu sekejap.

Pada saat itu, Mbah Cungking diminta untuk memindahkan ribuan kerbau yang ada di suatu daerah ke Baluran. Mbah Cungking pun memasukkan kerbau – kerbau tersebut kedalam sebilah bambu, keesokan harinya saat ia tiba di TN Baluran, ribaun kerbau tersebut telah meruput di Savana Bekol.

Pantai Boom

Source : hondacommunity.net

Pantai yang tak jauh dari pusat kota Banyuwangi ini ternyata memiliki sejarah yang tragis, dulu disini pernah digunakan untuk ujian akhir karateka namun para kateka beserta gurunya terseret ombak dan tenggelam di pantai.

Singkat cerita, dulu pada tahun 1982 terdapat 86 karateka yang akan melangsungkan ujian akhir. Awalnya ujian akhir akan dilaksanakan di aula pemda Banyuwangi, namun karena pelatih dari Surabaya belum datang para peserta diajak pemanasan terlebih dahulu di Pantai Boom.

setelah melakukan pemanasan di pantai, para peserta pun menerima kabar bahwa pelatih dari Surabaya telah datang. Karena jaraknya yang jauh, para peserta pun diinstruksikan untuk lewat jalan pintas dengan menyebrangi sungai yang kedalamannya hanya sebesar lutut orang dewasa.

Saat menyebrangi sungai, arus sungai mendadak deras dan kedalamannya pun semakin tinggi. Para peserta yang tidak bisa berenang sebagian tertolong, sebagian lagi terhanyut oleh arus sungai, termasuk pelatih Bekti Surtadji yang memimpin mereka selama pemanasan.

Untuk mengenang tragedi tersebut, dibuatlah tugu INKAI. Banyak orang yang mengaitkan tragedi tersebut dengan hal – hal ghaib. Konon di sekitar Pantai Boom sering terlihat pasar ghaib dan mahluk ghaib yang menampakkan diri.

Gunung Raung


Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung yang memiliki jalur ekstreme ini memiliki empat titik puncak yaitu puncak 17, puncak bendera, puncak tusuk gigi dan yang tertinggi adalah puncak sejati dengan ketinggian 3.344 Mdpl.

Seperti gunung pada umumnya, di jalur pendakian Gunung Raung terdapat pondok – pondok angker, diantaranya adalah pondok dhemit, pondok sumur, pondok mayit dan pondok angin. Tempat tersebut masih masih diselimuti kisah mistis.

Salah satu yang paling angker adalah Pondok Sumur, konon pondok ini merupakan tempat pertapaan orang sakti yang berasal dari Gresik. Masyarakat sekitar bahwa tempat bertapa dan sumur orang sakti tersebut masih ada namun tidak terlihat secara kasat mata. Bahkan disini sering terdengar suara kaki kuda yang sedang berlari.

Misteri yang hingga saat ini sering didengar adalah suara mistis di malam jumat. Masyarakat sering mendengar suara aneh ketika malam jumat, konon suara tersebut berasal dari tempat pertapaan dan kaldera Gunung Raung.

Suara mistis tersebut seperti suara derap kuda yang sangat jelas. menurut kabar yang diterima, suara kuda tersebut merukan kereta kereta kencana permaisuri prabu Tawangalun yang sedang mengunjungi kerajaannya.

No comments:

Powered by Blogger.