Ads Top

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Populer di Instagram

Banyuwangi adalah salah satu tujuan wisata masyarakat Indonesia selain Bali dan Lombok. Tempat wisatanya yang keren dan instagramable membuat orang – orang ingin menginjakkan kakinya ke Banyuwangi. lihat saja fenomena api biru di Kawah Ijen yang hanya ada dua di Dunia, banyak orang dari seluruh penjuruh dunia setiap hari pergi kesana demi melihat langsung dan mengabadikan foto bersama api biru. selain itu ada juga Baluran yang suasananya mirip dengan afrika, dan masih banyak lagi tempat wisata di Banyuwangi yang unik dan instagramable.

Lalu tempat wisata mana saja yang paling populer di Instagram? Berikut ini 10 tempat wisata di Banyuwangi yang populer di Instagram:

1. #kawahIjen - 107,770 kiriman

Source : banyuwangibagus.com

Seperti yang disebutkan di atas, Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri. Keistimewaan Kawah Ijen yang memiliki Api Biru serta danau asam terluas di Indonesia menjadikan Kawah Ijen salah satu kawah terindah di Dunia.

jika wisatawan foto dengan background api biru di belakangnya pastinya foto tersebut akan mudah dikenali. Apalagi ada penambang belerang yang berseliweran membawa belerangnya, pasti foto tersebut diambil di Kawah Ijen.

2. #baluran – 55,649 kiriman

Source : balurannationalpark.web.id

Taman Nasional Baluran adalah miniatur kecil afrika yang terletak di Indonesia. suasananya yang panas dan penuh dengan fauna seperti banteng, monyet, rusa, membuat anda merasa seperti di afrika. Disini terdapat tumpukan kepala banteng yang telah menjadi tengkorak lalu di tata rapi di sebuah papan, spot ini menjadi salah satu spot faforit wisatawan di Baluran.

Selain spot diatas, ada juga spot yang ada tulisan savanna baluran dengan background gunung, spot ini membuat foto anda semakin kece. Jika anda sudah merasa letih kepanasan, wisatawan bisa pergi ke Pantai Bama yang suasananya tidak sepanas di padang savanna. Di Pantai Bama masih banyak ditumbuhi pepohonan sehingga membuat suasana disana sejuk. Namun wisatawan tetap berhati – hati dan menjaga barang berharga, karena disini banyak monyet yang bisa mengambil barang anda.

Di sebelah kanan pantai terdapat hutan mangrove, disana wisatawan bisa berfoto dengan background hutan mangrove.


3. #pulauMerah – 34,058 kiriman

Source : initempatwisata.com

Pulau merah merupakan salah satu icon tempat wisata di Banyuwangi, tidak lengkap rasanya jika ke Banyuwangi tidak mampir ke tempat wisata ini. adanya pulau kecil di bibir pantai membuat Pulau Merah memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan pantai – pantai lain di Banyuwangi.
foto anda akan semakin kece jika datang di sore hari, karena disana akan ada cahaya sunset. Di Instagram sudah ada 34,058 kiriman yang menggunakan hashtag #pulauMerah.

Baca juga : Goa Macan, Spot Lain Melihat Keindahan Pulau Merah

4. #raung – 13,307 kiriman

Source : manusialembah.blogspot.co.id

Gunung Raung merupakan salah satu gunung terekstreme di Indonesia, itulah kenapa puncak Gunung Raung disebut dengan Puncak Sejati karena memang yang bisa mencapai puncak hanya pendaki sejati. Gunung dengan ketinggian 3,344 mdpl ini tidak memiliki jalur pendakian seperti gunung pada umumnya, itulah mengapa Gunung Raung masuk gunung terekstreme di Indonesia. Dibutuhkan peralatan khusus seperti tali dan helm agar bisa selamat sampai puncak dan pulang dengan selamat.

pemandangan diatas puncak memang tidak terlalu bagus, hanya ada bebatuan dan kaldera yang besar. namun yang dicari dari Gunung Raung bukanlah itu, sebuah kebanggaan tersendiri jika sudah pernah sampai ke puncak Raung.

hashtag #raung menempati posisi ke empat kiriman populer tempat wisat di Banyuwangi.

5. #pantaiBoom - 10,434 kiriman

Source : adiw.blogdetik.com

Pantai Boom merupakan pantai yang letaknya tak jauh dari pusat kota Banyuwangi. pantai dengan pasir hitam dan background selat bali ini menjadi tujuan masyarakat Banyuwangi kota ketika weekend tiba karena disana terdapat car free day.

meskipun keindahannya tidak sebagus Teluk Hijau namun Pantai Boom bisa menduduki posisi kelima, hal ini dikarenakan banyak event – event besar yang diadakan di pantai ini. event seperti festival gandrung sewu yang menyajikan tarian gandrung yang dilaukan oleh seribu gandrung dan juga Beach Jazz Festival yang kemarin mengundang artis – artis ternama tanah air seperti Raisa, Rizky Febian membuat Pantai Boom dipenuhi oleh wisatawan.

6. #alaspurwo – 10,205 kiriman

Source : intaninchan.wordpress.com

Alas Purwo merupakan salah satu alas terangker di Indonesia, banyak paranormal yang mengatakan bahwa disini merupakan pusat kerajaan jin di Pulau Jawa. Namun dibalik keangkerannya tersebut Alas Purwo menyimpan keindahan tersembunyi. Sebut saja Plengkung atau G-Land yang ombaknya diburu oleh surfer internasional.

selain Plengkung masih banyak lagi pantai cantik yang ada di Alas Purwo seperti Pantai Pancur, Pantai Ngagelan dll. Selain pantai, Alas Purwo juga memiliki padang savanna Sadengan yang menjadi rumah bagi ratusan fauna seperti merak, banteng dan monyat.

Tak hanya menjadi tempat wisata alam dan edukasi, Alas Purwo juga menjadi tempat wisata religi bagi umat hindu. Disini terdapat Pura Giri Salaka yang menjadi tujuan umat Hindu untuk beribadah.

lihat juga : 6 Pantai Cantik di Alas Purwo

7. #telukHijau – 8,749 kiriman

Source : blog.reservasi.com

Meskipun jaraknya jauh dan kondisi jalannya rusak, tak dapat mematahkan semangat wisatawan yang ingin liburan ke Teluk Hijau. Keindahan Teluk Hijau yang cantik dan masih alami menjadikan Teluk Hijau salah satu tempat wisata terbaik di Banyuwangi.

Dulu disini terdapat sebuah plang bertuliskan Teluk Hijau dan koordinatnya, namun sekarang plang tersebut sudah tidak ada, mungkin hilangnya plang tersebut karena sering dinaiki oleh wisatawan sehingga membuat plang tersebut rusak.

Bagi wisatawan yang tidak ingin capek berjalan kaki menuju Teluk Hijau, anda bisa menyewa perahu yang disediakan oleh warga sekitar untuk mengantarkan langsung ke lokasi.


8. #wediIreng - 7,905 kiriman

Source : banyuwangibagus.com

Pantai Wedi Ireng ini lokasinya berdekatan dengan Pulau Merah, jadi jika wisatawan ingin pergi kesana ikuti saja petunjuk arah menuju Pulau Merah karena Wedi Ireng satu arah. Untuk menuju Wedi Ireng lewat jalur darat, wisatawan butuh energy yang ekstra karena harus mendaki bukit serta menyusuri hutan yang dipenuhi dengan nyamuk. Namun jika anda tidak ingin itu, anda bisa menyewa perahu yang bisa mengantarkan ke lokasi wisata.

keindahan Wedi Ireng sudah tidak diragukan lagi, hampir mirip dengan Teluk Hijau yang air pantainya berwarna kehijauan namun bedanya Pantai Wedi Ireng memiliki garis pantai yang lebih panjang. Di tengah – tengah pantai terdapat sebuah batu karang yang besar, dan apabila ombak datang dan menghantam batu karang tersebut air lautnya akan muncrat ke atas.

9. #watuDodol – 7,325 kiriman

Source : travel.kompas.com

Dulu, Watu Dodol merupakan tempat wisata yang paling populer di Banyuwangi. Seiring berjalannya waktu dan wisata – wisata baru mulai terkuak akhirnya Watu Dodol kalah populer. Namun saat ini Watu Dodol kembali muncul dengan adanya wisata baru yaitu Watu Dodol Hill, disini anda bisa melihat keindahan selat bali dan Patung Gandrung dari atas.

Sekilas tentang sejarah Watu Dodol, disini terdapat banyak sejarah yang terjadi disini mulai dari tragedi dukun yang digantung hingga sejarah batu besar yang ada di tengah jalan. pada zaman dahulu, penjajah Belanda ingin menyingkirkan batu tersebut karena menghalangi jalan. berbagai upaya telah dilakukan bahkan menariknya dengan kapal namun batu tersebut tetap utuh dan tak bergeser sedikitpun.

10. #bangsring – 6,100 kiriman

Source : ikhonearief.blogspot.com

Bangsring Under Water atau (BUNDER) adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang menyajikan keindahan bawah laut. alam bawah laut di BUNDER merupakan salah satu yang terbaik di Banyuwangi. Banyaknya jenis biota laut yang menari – nari diatas terumbu karang besar menjadi sebuah lukisan yang enak dipandang oleh mata yang tertutup oleh kacamata snorkeling.

tak hanya itu, di Bunder juga terdapat rumah apung yang menjadi tempat pemeliharaan hiu kecil. Wisatawan bisa berenang dengan hiu tanpa takut digigit olehnya. Bagi yang mabuk laut disarankan untuk tidak berlama – lama berada disana, karena Rumah Apung selalu bergoyang sehingga membuat pusing kepala dan bisa mengakibatkan muntah.

No comments:

Powered by Blogger.