Ads Top

Sunnah - Sunnah Wudhu dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Wudhu adalah hal yang dilakukan oleh umat muslim untuk mensucikan diri dari hadas kecil seperti kentut, terkena kotoran binatang, bersentuhan bukan muhrim dan lain lain. Hukum wudhu bisa menjadi wajib dan Sunnah, umat muslim diwajibkan berwudhu ketika dirinya akan mengerjakan sholat sedangkan disunnahkan untuk menjaga wudhu agar tetap suci.

Rukun – rukun wudhu terdiri dari enam pertama yaitu niat, ke dua mencuci muka, ke tiga membasuh kedua tangan sampai siku – siku, ke empat membasuh sebagian kepala, ke lima mencuci kedua kaki sampai mata kaki, dan terakhir tertib yaitu dilakukan secara berurutan.

Wudhu sendiri terdapat Sunnah – Sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan, namun sebagian besar umat muslim masih belum menjalankannya, mungkin karena belum tau Sunnah – Sunnah nya. Berikut ini terdapat Sunnah – Sunnah wudhu yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh :

Source : yufudia.com

Mencuci telapak tangan

Tangan meruapakan salah satu anggota tubuh yang sering kita gunakan untuk beraktifitas, tak heran jika kedua tangan kita menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam bakteri, virus, dan kuman yang dapat menimbulkan penyakit.

Dengan mencuci kedua telapak tangan, tangan kita dapat terbebas dari penyakit seperti flu, penyakit kulit, diare, meningitis, hepatitis A, C yang penyebarannya melalui tangan.

Istinsyaq (Menghirup air kedalam hidung)


Hidung adalah salah satu indra manusia yang sangat penting, tanpa hidung manusia tidak bisa menghirup nafas dan merasakan bau. Oleh karena itu, kita harus menjaga hidung kita agar tetap befungsi dengan baik. Salah satu perawatan yang sederhana adalah dengan istinsyak yaitu menghirup air kedalam hidung.

Manfaat yang akan didapat dari istinsyak diantaranya adalah hidung kita akan tampak lebih bersih dan sehat, terhindar dari infeksi dan berbagai macam penyakit hidung dan sembuh dari penyakit pilek yang tak henti – henti. Penyakit – penyakit seperti pilek, mampet dan bersin dapat diatasi dengan istinsyak.

Berkumur


Salah satu fungsi utama mulut adalah untuk makan dan minum, ketika mulut sedang mengunyah makanan terdapat beberapa sisa – sisa makanan yang masih menempel di dalam mulut kita sehingga membuat sisa makanan tersebut membusuk dan mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, sisa makanan tersebut dapat menimbulkan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan gigi sehingga membuat gigi rusak.

Cara sederhana untuk mencegah masalah tersebut adalah dengan berkumur, dalam berwudhu umat muslim disunnahan untuk berkumur agar mulut kita tetap bersih dan terhindar dari bau mulut. Berkumur juga mulut kita terasa basah.

Mengusap Seluruh Kepala dengan Air


Salah satu rukun wudhu adalah membasuh sebagian dari kapala dan disunnahkan untuk mengusap keseluruhan kepala. Kepala adalah anggota tubuh yang merasakan langsung panasnya sinar matahari, jika kepala kita terdapat rambut maka kepala kita sedikit terlindungi namun sebagai korban rambut kita akan cepat kering jika telalu sering terkena sinar matahari dan membuat rambut rontok. Dengan mengusap seluruh kepala dengan air, rambut kita akan tetap basah dan mendinginkan kepala kita.

Mengusap Kedua Daun Telinga


Telinga adalah anggota tubuh yang rawan terkena debu dan kotoran, telinga juga bersifat sensitive karena perlu perlakuan khusus untuk membersihkannya. Cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah mengusapnya dengan air agar telinga kita tetap bersih dari kotoran dan debu serta kuman yang ada di sekitar telinga kita.

No comments:

Powered by Blogger.